SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas :
XI
Kompetensi
Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi,
kesetimbangan kimia,
larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan
YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia
yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Struktur Alkana,
alkena dan alkuna
·
Isomer
·
Sifat-sifat fisik alkana, alkena
dan alkuna
|
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Menentukan rumus umum Alkana,
alkena dan alkuna berdasarkan analisis rumus strukturnya
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa alkana, alkena
dan alkuna
Mengasosiasi(Associating)
· Menghubungkan rumus struktur alkana, alkena dan alkuna dengan sifat
fisiknya
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran
dengan lisan atau tertulis, dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·
Mengumpulkan informasi dampak
pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan,
kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif
selain dari minyak bumi dan gas alam.
|
Observasi
·
Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi dengan
lembar pengamatan
Tes tertulis uraian menganalisis :
· Struktur akana, alkena dan alkuna serta
tatanama menurut IUPAC
· Isomer
|
3 mgg x 4 jp
|
·
Buku kimia
·
Lembar kerja
·
molymod
·
Berbagai sumber dari migas atau yang lainnya
|
|
1.2 Mensyukuri kekayaan alam Indonesia
berupa minyak bumi, batubara dan gas
alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat
dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
||||||
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
||||||
2.2
Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun,
toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
|
||||||
2.3
Menunjukkan
perilaku responsifdan
pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuatkeputusan
|
||||||
0 komentar:
Posting Komentar