Chemistry

Rabu, 20 November 2013

silabus struktur alkana, alkena dan alkuna, isomer dan sifat fisik alkana, alkena, alkuna


SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA

Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
            Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
              Alokasi Waktu
               Sumber Belajar
1.1        Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.

·   Struktur Alkana, alkena dan alkuna
·   Isomer
·   Sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna






























                Mengumpulkan data (Eksperimenting)
·      Menentukan rumus umum Alkana, alkena dan alkuna berdasarkan analisis rumus strukturnya
·      Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna

              Mengasosiasi(Associating)
·       Menghubungkan rumus struktur alkana, alkena dan alkuna dengan sifat fisiknya

               Mengkomunikasikan (Communicating)
·       Menyampaikan hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau tertulis, dengan menggunakan tata bahasa yang benar.

               Mengumpulkan data  (Eksperimenting)
·      Mengumpulkan informasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya serta mencari bahan bakar alternatif selain dari minyak bumi dan gas alam.



    
                Observasi
·     Mengamati sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi dengan lembar pengamatan


               Tes tertulis uraian menganalisis :
·     Struktur akana, alkena dan alkuna serta tatanama menurut IUPAC
·     Isomer
·     Sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna





              3 mgg x 4 jp



·       Buku kimia
·       Lembar kerja
·       molymod
·       Berbagai sumber dari migas atau yang lainnya

1.2   Mensyukuri kekayaan alam Indonesia berupa  minyak bumi, batubara dan gas alam serta berbagai bahan tambang lainnya sebagai anugrah Tuhan YME dan dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2        Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cintadamai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.

2.3        Menunjukkan perilaku responsifdan pro-aktifsertabijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuatkeputusan









0 komentar:

Posting Komentar