RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas
Identitas
Sekolah : SMA/MA. . . . . .
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/1
Pokok
Pembahasn : Senyawa Hidrokarbon
Sub
pokok pembahasan: Alkana, alkena dan alkuna
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
KD dari KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KD dari KI 2 :
1.2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KD dari KI 3 :
1.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KD dari KI 4 :
1.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
C.
Indikator:
ü Mengagungkan
kebesaran Tuhan YME
ü Menyadari
bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang
terbaik
bagi kita.
ü Mengajukan pertanyaan
ü Menjawab pertanyaan
ü Jujur dalam
mengerjakan soal evaluasi pembelajaran
ü Menyampaikan ide/pendapat
ü Disiplin tepat waktu dalam
mengerjakan soal yang terkait dengan tatanama senyawa alkana,
alkena dan alkuna
ü Mendengarkan dengan aktif
ü Aktif bekerjasama dalam diskusi kelompok
ü Teliti,
berkerja secara
teratur, rinci, dan tertib dalam menuliskan reaksi-reaksi pada senyawa alkana,
alkena, dan alkuna.
ü Kreatif,
merancang milymood buatan untuk
menentukan isomer pada senyawa hidrokarbon
alkana, alkena, alkuna
D. Tujuan
Pembelajaran
ü Siswa dapat memberi nama senyawa
alkana berdasarkan rumus molekul menurut IUPAC
ü Siswa dapat menjelaskan konsep
isomer dan penerapannya pada sifat senyawa alkana.
ü Siswa dapat menuliskan reaksi
sederhana pada alkana (reaksi oksidasi, substitusi, dan perengkahan).
ü Siswa
dapat menjelaskan rumus struktur dan rumus molekul senyawa alkana
ü Siswa
dapat menjelaskan sifat fisis dan sifat kimia alkana, alkena dan alkuna
E. Materi
pembelajaran
ü Struktur
alkana, alkena dan alkuna
ü Isomeri
ü Sifat
fisis alkana, alkena dan alkuna
F. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific
Model : SiMaYang (Berbasis Multiple Representasi)
Strategi : Kolaboratif dan Kooperatif
Metode : demonstrasi, diskusi, penugasan, dan latihan.
G. Media
dan Sumber Belajar
ü LCD
Projector
ü Video/animasi
(kimia komputasi)
ü Internet
(webpage/weblog)
ü Lembar
Kerja Siswa (LKS)
ü Buku-buku
Kimia SMA kelas XI
ü Charta
dan Molymod
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pendahuluan
(fase orientasi) (10 menit)
a. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini
b. Memotivasi
siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik
yang akan dibahas dan menggali pengetahuan awal siswa
·
Apakah ada senyawa yang memiliki rumus
molekul sama?, setiap senyawa pasti memiliki sifat kimia dan sifat fisika.
Bagaimana kemungkinan sifat fisis alkana, alkena dan alkuna?
c. Siswa
diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
2. Kegiatan
Inti
Fase
eksplorasi-imajinasi-internalisasi (90 menit)
·
Menjelaskan langkah-langkah pemberian
nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
·
Melatih siswa untuk memberi nama senyawa
alkana, alkena dan alkuna berdasarkan contoh.
·
Meminta siswa untuk mengerjakan latihan
soal.
·
Pembahasan atas jawaban siswa.
·
Menjelaskan senyawa hidrokarbon
berdasarkan kejenuhan ikatan dan jenis ikatan pada senyawa alkana, alkena dan
alkuna dengan menggunakan molymod
·
Bersama dengan kelompoknya merancang molymood buatan untuk menunjukan jenis ikatan antara atom
karbon pada senyawa alkana, alkena, alkuna.
·
Meminta siswa mengelompokan senyawa
alkana, alkena dan alkuna berdasarkan rumus molekul dan rumus strukturnya.
·
Meminta siswa untuk melaporkan hasil
diskusi.
·
Pembahasan hasil diskusi siswa.
·
Menjelaskan
istilah isomer dan jenis isomer.
·
Meminta
siswa untuk menentukan isomer senyawa hidrokarbon alkana, alkena dan alkuna
menggunakan molymood.
·
Memberikan
soal latihan kepada siswa.
·
Siswa diminta menuliskan hasil
pekerjaannya.
·
Menjelaskan sifat fisis alkana, alkena
dan alkuna dikaitkan dengan ikatan yang dimilikinya.
·
Siswa diminta untuk mengerjakan LKS
3. Penutup
fase evaluasi (15 menit)
·
Guru melakukan reviu terhadap hasil
kerja siswa dan melakukan reflex dengan meminta siswa untuk mengungkapkan
perasaan dan pendapatnay.
·
Memberikan tugas rumah tentang senyawa
alkana, alkena, alkuna dan isomer.
I. Penilaian
Hasil Pembelajaran
·
Tes hasil belajar (penguasaan konsep)
kimia menggunakan penskoran
·
Penilaian sikap (perilaku) menggunakan
lembar pengamatan siswa.
·
Penilaian keterampilan kemampuan
menggunakan mengaplikasikan media molymod.
Soal
Evaluasi:
- Manakah dari senyawa berikut yang merupakan senyawa alkana, alkena dan alkuna
a.
C5H12 b. C5H8 c. C7H14 d. C5H10 e. C6H14,
- Perhatikan senyawa berikut!
a.
C4H10 b. C4H8 c. C5H8
Berdasarkan
senyawa diatas, tentukan
a.
Nama senyawa tersebut
b.
Rumus struktur
c.
Isomer yang mungkin terjadi
- Tulislah rumus struktur dan nama IUPAC dari semua alkana yang rumus molekulnya C6H14!
- Tentukan isomer rangka dari:
a. Butana
b. n-butena
c. n-heksuna
- Sebutkan sifat fisik dari alkana, alkena dan alkuna!
2 komentar:
makasih sangat bermanfaat
kritikan: menurut saya lksnya tidak membuat siswa memiliki tantangan ti berpikir tingkat tinggi
Posting Komentar